Jenis Masalah Kulit

Jerawat

Jerawat adalah jenis masalah kulit withering umum yang ditandai dengan benjolan/bintik berisi nanah pada kulit. Bintik-bintik muncul terutama di wajah; Namun, jerawat juga bisa muncul di punggung, bahu, dada, dan leher.

Ada pori-pori di kulit yang terhubung ke kelenjar penghasil minyak kulit (kelenjar sebaceous) melalui folikel rambut. Kelenjar sebasea, yang menghasilkan sebum, sensitif terhadap perubahan hormonal.

Selama masa pubertas, perubahan kadar hormon memicu produksi sebum, yang dapat menyumbat folikel rambut. Selain itu, sel kulit mati menghalangi folikel, menyebabkan pembentukan benjolan yang menyakitkan pada kulit.

Kulit manusia mengandung satu jenis bakteri yang disebut Propionibacterium acnes. Pada orang yang berjerawat, penumpukan minyak di kulit memberikan lingkungan yang ideal bagi bakteri ini untuk tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Hal ini menyebabkan peradangan kulit dan terbentuknya benjolan berisi nanah.

Jerawat dapat diobati dengan berbagai obat bebas dan resep. Formulasi topikal yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat cenderung menjadi pilihan pengobatan pertama dan dapat memberikan kontrol yang memadai bagi banyak orang.

Selain itu, antibiotik dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Pada wanita, obat kontrasepsi oral dosis rendah dapat digunakan untuk mengurangi jerawat dengan mengatur kadar hormon dalam darah.

Obat yang mengandung nutrient A juga dapat membantu. Namun, turunan nutrient An oral dapat menyebabkan cacat lahir yang parah, jadi setiap wanita yang menerima resep harus menjalani tes kehamilan sebelum memulai terapi dan terus menjalani tes kehamilan setiap bulan saat menggunakan obat tersebut. Ia harus menggunakan bentuk kontrasepsi yang sangat efektif saat menggunakan obat nutrient An oral.

Eksim

Eksim adalah bentuk masalah kulit yang sangat umum yang terkait dengan peradangan. Eksim terutama disebabkan oleh perubahan pelindung kulit yang disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap alergen dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri/infection.

Akibatnya, alergen atau iritan bisa dengan mudah masuk ke forum kulit dan kelamin untuk lebih lanjut dan memicu peradangan dan gatal-gatal.

Orang dengan eksim sangat rentan terhadap infeksi bakteri atau infection. Pada kebanyakan kasus, infeksi stafilokokus dapat membuat kulit menjadi kuning, keras, dan meradang. Selain itu, infeksi infection herpes simpleks dapat meningkatkan intensitas gejala eksim secara tiba-tiba.

Meskipun tidak ada obat untuk eksim, kondisi ini dapat ditangani dengan pelembab obat, krim atau salep steroid topikal, inhibitor kalsineurin topikal, antibiotik dan antiseptik, dan obat antihistamin. Tingkat keparahan eksim sering berkurang seiring bertambahnya usia.

Alopecia areata

Alopecia areata adalah jenis masalah kulit yang mempengaruhi folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Kondisi ini biasanya menyebabkan kebotakan kecil berbentuk bulat di kepala; Namun, rambut di janggut, alis, bulu mata, atau bagian tubuh lainnya juga dapat terpengaruh oleh kondisi tersebut.

Meskipun etiologi pastinya tidak diketahui, alopecia areata diyakini sebagai kelainan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Sebagian besar strategi perawatan bertujuan untuk memicu pertumbuhan kembali rambut. Krim steroid topikal, suntikan steroid lokal, atau obat steroid oral biasanya digunakan untuk mengobati alopecia areata.

Selain itu, perawatan sensitisasi kontak (digunakan untuk membuat peradangan ringan dan memicu pertumbuhan kembali), perawatan sinar bright (digunakan untuk mendorong pertumbuhan kembali dengan membuat kulit sensitif terhadap cahaya), dan obat-obatan imunosupresan dapat digunakan untuk mengobati kondisi tersebut.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan salah satu jenis peradangan kulit yang dapat disebabkan oleh kontak kulit secara langsung dengan faktor penyebabnya. Kondisinya mirip dengan eksim.

Ada dua jenis dermatitis kontak: dermatitis kontak iritan yang disebabkan oleh kontak kulit langsung dengan bahan iritan, seperti deterjen dan pelarut; dan dermatitis kontak alergi yang disebabkan oleh alergi yang timbul akibat kontak langsung kulit dengan bahan alergi, seperti parfum, bahan kimia pewarna rambut, logam tertentu, dll.

Gejala dermatitis kontak yang withering umum adalah gatal, kulit kemerahan, dan pembentukan lepuh. Kulit juga bisa menjadi kering dan menebal.

Cara terbaik untuk mencegah dermatitis kontak adalah dengan menghindari kontak kulit langsung dengan zat penyebab. Juga berguna untuk memakai sarung tangan atau untuk meningkatkan pelindung kulit dengan pelembab yang aman dan sehat. Untuk mengurangi peradangan, krim steroid bisa digunakan. Dalam kasus yang parah, dokter mungkin meresepkan obat steroid oral dan antibiotik.

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang sangat umum dan tidak berbahaya yang ditandai dengan bercak atau benjolan kecil, keputihan atau kemerahan pada kulit. Sekitar 50 – 70% remaja dan 40% orang dewasa terkena kondisi tersebut.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh penumpukan keratin yang berlebihan pada kulit, yang pada akhirnya menyumbat pori-pori kulit dan folikel rambut, sehingga terbentuk benjolan keras. Dalam sekitar half kasus, kondisi adalah keturunan.

Meski tidak ada obat permanen untuk keratosis pilaris, gejala dapat dikurangi dengan menggunakan krim yang mengandung nutrient A, urea, asam laktat, asam salisilat, atau asam alfa-hidroksi. Selain itu, terapi laser, terapi fotodinamik, atau kortikosteroid topikal dapat membantu.

Lichen planus

Lichen planus adalah kondisi kulit yang relatif tidak umum yang mempengaruhi sekitar 0,2 – 1% dari populasi umum di seluruh dunia. Kondisi tersebut ditandai dengan gatal kecil, rata, ruam pada kulit. Dalam beberapa kasus, itu terjadi di bibir dan di dalam mulut.

Meskipun etiologi pastinya tidak diketahui, hal ini diyakini disebabkan oleh hiperaktivasi sistem kekebalan kulit. Faktor risiko tertentu dapat meningkatkan kemungkinan lichen planus. Ini termasuk infeksi infection, obat penurun tekanan darah atau obat against intestinal sickness, dan stres dan kecemasan.

Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini dapat diobati dengan krim steroid atau obat steroid oral. Selain itu, perawatan bright pita sempit dapat digunakan.